14 Fakta-fakta di balik serial Pelepasan

9:38:00 AM Admin 0 Comments



14 Fakta-fakta di balik serial Pelepasan

Berikut adalah fakta-fakta di balik serial Pelepasan yang saya lepas per bab setiap malam minggu mulai dari 1 Mei 2016 hingga 5 Maret 2017. Terimakasih para pembaca awal yang sudah rela menunggu tayangnya per bab bahkan tak sabar untuk menunggu bab selanjutnya tayang. Saya benar-benar berterimakasih untuk itu semua.
1) “Pelepasan” berawal dari cerpen yang saya post di catatan akun Facebook saya tahun 2011 lalu, cerpen ini dulu tulis ketika hubungan saya berakhir dengan seseorang yang berasal dari Kartasura. Tahun 2014, saya iseng mengembangkan kisah di balik pelepasan karena isu LGBT mulai menguat di Indonesia.
2) Draft pertama pelepasan yang saya niatkan berbentuk sebuah novel, saya tulis selama tiga minggu, dengan jumlah halaman 261, Times New Roman, ukuran 12, tanpa bab pemisah yang saya cetak tiga bulan setelahnya lalu saya sodorkan kepada teman-teman terdekat saya untuk dijadikan bacaan tetap.
3) Draft pertama “Pelepasan” berjumlah 261 halaman tanpa bab pemisah dengan gaya penulisan fulgar, blak-blakan, sarat amarah, depresif dan kelam. Berbeda dengan serial yang saya post di blog setiap hari minggu ini yang saya campur dengan semangat dan rasa optimis, saya juga berharap jika di beberapa bagian, serial ini dapat menghangatkan hati.
4) “Pelepasan” terinspirasi dari kisah seorang sahabat yang saya modifikasi di banyak bagian dengan akhir kisah yang berbeda. Lengkap dengan beberapa nama panggilan asli.
5) Saat saya memiliki niat untuk menulis ulang draft pertama “Pelepasan” dalam bentuk serial yang tayang tiap hari minggu di blog, terdapat 38 bab di draft pertama. Lalu, setelah saya tulis ulang dengan pemetaan yang lebih matang, dari 38 bab berubah menjadi 45 bab.
6) Keinginan untuk membuat serial di blog muncul setelah saya membaca buku Sweet Sins karya Rangga terbitan Diva Press tempat saya mendapat kuliah singkat tentang dunia perbukuan tanah air melalui Kampus Fiksi angkatan 14 dan sebuah serial di blog berjudul “Cowok Rasa Apel” yang sudah sampai sesi ketiga. Dua faktor itu dan kisah seorang sahabat dan beberapa kisah LGBT lainnyalah yang akhirnya membuat saya ingin membuat serial kisah sesama lelaki versi saya sendiri. Serial Pelepasan memang tak lebi baik dari kedua judul yang saya sebutkan di atas, serial ini saya buat sebatas pemuasan hasrat pribadi.
7) Sejak saya menulis ulang serial ini, saya dari awal sudah tahu bagaimana serial ini berakhir dan saya juga sudah menuliskan plotnya dalam tiga babak. Babak awal kehidupan Abell saya lukiskan lewat serial “Pelepasan” ini dan dua babak selanjutnya akan saya sebar di episode selanjutnya. Saya memiliki kebiasaan menuliskan akhir sebuah cerita terlebih dahulu sebelum akhirnya menulis keseluruhannya.
8) Nama Shefina dan Sherina saya comot dari nama ponakan-ponakan saya yang baru berumur 1 tahun dan 8 tahun.
9) Sebelum saya memutuskan untuk membuat ending “Pelepasan” seperti itu, saya sudah membuat tiga ending cadangan sebelum akhirnya saya memilih ending itu. Dan saya minta maaf jika banyak yang kecewa dan geregetan karena kejahilan saya itu.
10) Beberapa masalah di serial “Pelepasan” memang sengaja tidak saya selesaikan atau tidak saya jabarkan dengan detail di episode pertama ini karena akan saya ungkap dan jabarkan lebih jelas di episode-episode selanjutnya. Beberapa hal juga sengaja pangkas dan simpan untuk saya hadirkan di episode selanjutnya.
11) Sebelum memutuskan untuk membagi kisah Abell Jerolin masuk dalam 5 serial yang saya canangkan, dulu saya berniat membuat kisah Abell menjadi trilogi yang mengupas habis fase hidupnya dan bagaimana dia bertransformasi dari kecil hingga akhirnya dewasa dan stabil kehidupannya.
12) Keenan, Sherin, Sandra adalah tokoh tanpa nama yang saya tulis dalam draft pertama sebelum saya tulis ulang kisah hidup mereka dalam buku catatan pribadi saya dan akan memiliki porsi lebih besar dalam babak selanjutnya.
13) “Pepelapsan” adalah tulisan pertama saya diluar genre fantasi yang merupakan zona nyaman saya, saya menulis kisah ini untuk menantang diri sendiri menggali tema-tema yang belum terlalu banyak digunakan dan dilirik oleh banyak orang.
14) Tak semua plot di serial ini berjalan seperti apa yang saya inginkan, sekitar 30-40% bab seakan-akan memiliki kehendak sendiri menentukan bagaimana kisah ini harus bergulir. Berulang saya mengalami hal ini, dan kadang saya merasa jika saya hanya media untuk menyampaikan suara semata.


Daftar lengkap serial Pelepasan


Melajulah "Pelepasan"ku klik disini 
Pelepasan Remah ke 1 klik disini
Pelepasan Remah ke 2 Klik disini
Pelepasan Remah ke 3 Klik disini
Pelepasan Remah ke 4 Klik disini
Pelepasan Remah ke 5 Klik disini
Pelepasan Remah ke 6 Klik disini
Pelepasan Remah ke 7 Klik disini
Pelepasan Remah ke 8 Klik disini
Pelepasan Remah ke 9 Klik disini
Pelepasan Remah ke 10 Klik disini
Pelepasan Remah ke 11 Klik disini
Pelepasan Remah ke 12 Klik disini
Pelepasan Remah ke 13 Klik disini
Pelepasan Remah ke 14 Klik disini
Pelepasan Remah ke 15 Klik disini
Pelepasan Remah ke 16 Klik disini
Pelepasan Remah ke 17 Klik disini
Pelepasan Remah ke 18 Klik disini
Pelepasan Remah ke 19 Klik disini
Pelepasan Remah ke 20 Klik disini
Pelepasan Remah ke 21 Klik disini
Pelepasan Remah ke 22 Klik disini
Pelepasan Remah ke 23 Klik disini
Pelepasan Remah ke 24 Klik disini
Pelepasan Remah ke 25 Klik disini
Pelepasan Remah ke 26 Klik disini
Pelepasan Remah ke 27 Klik disini
Pelepasan Remah ke 28 Klik disini
Pelepasan Remah ke 29 Klik disini
Pelepasan Remah ke 30 Klik disini
Pelepasan Remah ke 31 Klik disini
Pelepasan Remah ke 32 Klik disini
Pelepasan Remah ke 33 Klik disini
Pelepasan Remah ke 34 Klik disini
Pelepasan Remah ke 35 Klik disini
Pelepasan Remah ke 36 Klik disini
Pelepasan Remah ke 37 Klik disini
Pelepasan Remah ke 38 Klik disini
Pelepasan Remah ke 39 Klik disini
Pelepasan Remah ke 40 Klik disini
Pelepasan Remah ke 41 Klik disini
Pelepasan Remah ke 42 Klik disini
Pelepasan Remah ke 43 Klik disini
Pelepasan Remah ke 44 Klik disini
Pelepasan Remah ke 45 Klik disini
Tongkat Estafet Kedua Klik disini
14 Fakta Di Balik Serial Pelepasan Klik disini
Untuk "Pelepasanku" Klik disini
Celoteh di balik Pelepasan Klik disini

You Might Also Like

0 komentar: